Kamis, 25 Desember 2008

Recycle Sampah


Setiap orang pasti peranah membuat sampah. Itu wajar. Semua sisa benda yang tidak kita pakai lagi dan tidak ingin simpan disebut sampah.
Semakin lama sampah semakin banyak tapi kita juga tidak bisa menghindari terjadinya sampah. Tidak ada sampah berarti tidak ada pemakaian. Benar?
Lalu bagaiman, membiarkan saja sampah menumpuk. Wah gak kebayang dech kalau setiap sudut ada sampah. Pastinya bikin tidak nyaman..

Hal in yang membuat orang" berpikir keras untuk menanganinya. Bukan beberapa orang saja tapi semua orang karena ini masalah Sosial umum.
Ada banyak cara memang yang telah dipakai diantaranya Daur Ulang.
Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan pembuatan produk/material bekas pakai.
Material yang dapat didaur ulang:
  • Botol bekas wadah kecap, saos, sirup, krim kopi; baik yang putih bening maupun yang berwarna terutama gelas atau kaca yang tebal.
  • Kertas, terutama kertas bekas di kantor, koran, majalah, kardus kecuali kertas yang berlapis (minyak atau plastik)
  • Logam bekas wadah minuman ringan, bekas kemasan kue, rangka meja, besi rangka beton
  • Plastik bekas wadah sampo, air mineral, jerigen, ember
  • Sampah basah dapat diolah menjadi kompos
Untuk mempermudah daur ulang maka sampah dikelompokkan bukan hanya pada saat mau dikelola tapi juga saat mau dibuang. Yaitu membuat tipe tong samapah. Tiga tong sampah yang disediakan, yaitu warna kuning untuk sampah organik, hijau anorganik serta merah untuk jenis sampah lainnya.
Sudah banyak negara memakai cara ini. Indonesia juga neh, walaupun belum diiklankan, tapi koq dikota Q belum ya..
yach ditunggu aja inisiatif pemerintah daerah.

Tidak ada komentar: